Rahasia Besar Dari Wiasta Sejarah Goa Pawon

Dijuluki sebagai Goa Pawon lantaran memang lokasinya ada di perbukitan yang diberi nama Pawon. Goa Pawon tentu bukan dijadikan sebagai salah satu tujuan wisata favorit warga Bandung, hingga tak banyak yang tahu tentang adnaya wisata ini. Padahal Goa ini mengandung banyak sekali rahasia sejarah yang telah tersimpan sepanjang ribuan tahun belakangan ini.

Mengingat bukan dijadikan sebagai tujuan wisata yang terkenal, Goa Pawon sebetulnya adalah obyek wisata yang mengasyikan tuk dikunjungi sebab sepi. Kalian bisa memandangi indahnya panorama alam dengan kian tenang dan damai.

Rahasia tentang sejarah yang tersimpan di dalam wisata Goa Pawon ialah terdapatnya fosil manusia purba yang ditengarai sempat hidup di wilayah Goa, mengenang adanya hipotesis bahwa kebanyakan manusia purba menetap di Goa-Goa. Tidak sedikit informasi yang diperoleh oleh para arkeologi dari fosil-fosil yang dijumpai di Goa Pawon ini.

Goa Pawon berada di Desa Gunung Masigit, Cipatat, dan masuk kedalam kawasan Bandung bagian Barat. Jaraknya kira-kira 25 km dari tengah-tengah kota Bandung di tinggi tidak kurang dari 600 mdpl.

Di sekeliling Goa Pawon, tidak sedikit para pecinta alam yang kerap melakukan panjat tebing sebab memang tanahnya berbentuk karst yang amat menantang tuk dikunjungi oleh para wisatawan dalam negeri dan luar negeri. Tapi jangan khawatir, bila kalian bukan pecinta alam, kalian cukup hanya meresapi keindahan Goa yang mempunyai luas 300 m2.

Sangat sayang sekali tidak sedikit penduduk setempat yang mengerjakan penambangan kapur hingga ekosistem di Gunung Masigit tidak sedikit yang hancur karena rutinitas penambangan. Mudah-mudahan pemerintah disana secepatnya mengantisipasi dengan mengoperasikan obyek wisata ini dengan benar dan selalu mempertimbangkan kelestarian alam disekelilingnya.

Jika kalian mau ke Goa Pawon kalian dapat naik bis rute Jakarta-Cianjur yang melintasi Padalarang. Kemudian turun di dekat Citatah, minta pada kenek bus tuk memberikan nama tempat dimana Goa Pawon terletak. Kemudian selanjutnya diteruskan dengan naik jasa ojek yang dapat menghantar hingga ke mulut Goa pawon dengan tarif senilai Rp 15.000 atau jika kalian memiliki cukup banyak tenaga bisa jalan kaki dari sana hingga ke Goa Pawon, kira-kira jarak kesana hanya 6 km.

Leave a Reply

Your email address will not be published.