Obyek Wisata Terkenal di Sekitar Jogja dan Wilayah di Dekatnya

Obyek wisata di Jogja sudah tak diragukan lagi keelokannya. Jogja sebagai tujuan pariwisata paling tidak sedikit dicari masyarakat setelah Bali. Tidak hanya wisatawan lokal saja, tapi pun wisatawan luar negeri banyak yang menentukan Jogja jadi destinasi rekreasi mereka.

Kota Jogja ada di Pulau Jawa sebelah selatan, berbatasan langsung dengan Jawa Tengah serta Samudera Hindia. Di daerah Jogja ada sangat banyak obyek wisata menarik, diawali dari pariwisata pantai, wisata sejarah, kebudayaan, wisata kuliner, sampai wisata belanja. Berikut ini ada ulasan tentang sejumlah obyek wisata di Jogja yang istimewa dan banyak sekali kunjungan oleh wisatawan:

Candi Borobudur

Candi Borobudur sempat dinobatkan menjadi 7 keajaiban dunia. Tidak heran bila banyak wisatawan luar negeri yang tertarik tuk menjelajahinya. Monumen candi Budha yang didirikan dari abad 8 ini sangat megah. Bangunan candi terhimpun dari 6 teras dengan bentuk bujur sangkar dan ada 502 arca Budha didalamnya. Stupa yang paling besar berada di tengah-tengah dan dihiasi dengan 72 stupa agak kecil yang didalamnya pun terdapat arca Budha.

Malioboro

Malioboro adalah wisata belanja yang jadi landmark Kota Jogja. Disana kalian bisa menjumpai bermacam-macam varian pernak-pernik atau aksesoris khas kota Jogja. Tempat ini tak pernah sepi alias terus ramai oleh tamu dari pagi sampai malam hari. Di Jalan Malioboro pun sebagai tempat berkumpulnya kaum seniman-seniman Jogja. Bila kalian berkesempatan berkunjung ke Jalan Malioboro, kalian juga boleh melihat show alat musik tradisional seperti angklung lalu berbagai seni lainnya.

Candi Prambanan

Candi Prambanan merupakan satu dari banyak candi Hindu di kota Jogja yang sudah ditetapkan UNESCO menjadi cagar budaya dunia semenjak 1991. Bangunan candi itu terhimpun dari Tiga candi utama yang menyimbolkan keyakinan Trimurti didalam agama Hindu, yakni Candi Brahma, Candi Siwa, dan Candi Wisnu. Katanya, candi ini menceritakan mengenai Bandung Bondowoso yang dikasih tugas oleh Roro Jonggrang tuk membangun seribu candi didalam satu malam saja.

Gembira Loka Zoo

Gembira Loka Zoo adalah satu kebun binatang paling besar di Pulau Jawa. Lokasi ini bisa kalian jumpai berbagai tipe flora dan fauna, diawali dari spesies ikan, unggas, reptil, gajah, orangutan, dan lain-lain. Disamping itu, kalian juga dapat mencoba bermacam-macam fasilitas yang disediakan disini, semacam perahu, kereta mini, becak air, banana boat, dan masih banyak lagi. Akan amat menyenangkan bila kalian mengujungi obyek wisata ini bersama-sama keluarga juga anak-anak.

Pantai Parangtritis

Obyek wisata Jogja yang sangat banyak didatangi berikutnya ialah Pantai Parangtritis. Obyek wisata di wilayah pantai selatan itu mempunyai panorama yang fantastis, khususnya ketika matahari terbenam. Lantaran ombak di pantai tersebut cukup tinggi dan angin yang sangat kencang, pengunjung tak diperbolehkan renang melewati batas aman yang sudah diberi oleh pengelola setempat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.