Memandangi Keindahan Laut Pantai Lovina Ditemani Lumba-lumba

Tidak hanya Pantai Kuta, satu-satunya pantai yang harus menjadi tujuan ketika liburan ke Bali ialah Pantai Lovina. Berada kira-kira 9 km di sisi barat Kota Singaraja, obyek wisata ini amat populer di wilayah Bali Utara. Tidak sedikit wisatawan lokal ataupun asing yang jalan-jalan ke lokasi ini. Tidak hanya tuk menikmati panorama yang indah serta masih alami, daya pikat utama dari pantai itu ialah banyaknya lumba-lumba yang jelita dan akan menemani kalian melihat lautan lepas. Penasaran apa aja yang bisa kalian nikmati di pantai Lovina? Simak review berikut ini.

Riwayat adanya Pantai Lovina di Bali tidak lepas dari suatu kisah legenda mengenai seorang Bocah Agung Panji Tisna. Katanya, Panji Tisna sempat jalan-jalan ke sejumlah negara di Eropa dan Asia. Dari seluruh kunjungannya itu, yang menjadikan dia tertarik ialah kehidupan warga India. Ia tinggal di Bombay sepanjang hampir 2 minggu dan tertarik pada cara hidup dan kondisi warga disana. Dia pun berpikir tuk membangun kesentosaan warga di daerah asalnya, Buleleng, seperti kehidupan yang ada di Bombay.

Panji Tisna melihat lokasi itu nyaris sama dengan tanah airnya, Pantai Tukad Cebol. Ia juga mendapatkan inspirasi tuk mendirikan tanah punyanya itu menjadi tempat istirahat seperti yang terdapat di India. Inilah asal mula pembangunan wilayah dari pantai Lovina.

Nama Lovina itupun bersumber dari 2 kata yakni “Love” lalu “Ina”. Nama “Ina” ialah singkatan dari “Indonesia”, hingga bisa diartikan menjadi “Cinta Indonesia”. Tak sebagaimana pantai-pantai di Bali lainnya yang tak jauh dari pasir putih, pantai satu ini mengandung pasir memiliki warna hitam.

Ombak air laut disana yang tenang mendukung kalian tuk berkeliling ke tengah-tengah laut dengan kapal nelayan sembari menikmati view bebukitan karang-karang dan ikan-ikan lumba-lumba yang bikin happy. Ya, disana kalian bisa melihat hewan-hewan cerdas nan lucu itu melompat-lompat bersama dengan komunitas mereka di laut lepas.

Biasanya mereka bakal menampakkan diri saat pagi hari ketika matahari start untuk terbit. Tidak hanya menikmati pertunjukan lumba-lumba, di pantai itu wisatawan pun dapat melakukan kegiatan snorkeling tuk melihat keelokan bawah lautnya. Sedangkan, bagi kalian yang mau memanjakan lidah serta perut dapat menikmati makanan dan minuman hidangan laut di resto Lovina. Tidak hanya restoran ada juga sederetan tempat jajanan yang menjual aneka hidangan khas dan lezat.

Di pinggir pantai pun ada toko-toko souvenir yang jual beraneka cenderamata menarik semacam kaos, baju renang, hiasan dari batu, serta patung lumba-lumba menarik yang dibuat dari kayu. Pantai Lovina ini ada di Anturan, Buleleng, Bali. Harga masuk ke Pantai Lovina gratis tapi kalau untuk kapal harus membayar Rp 60.000 dnegan kapasitas 4 orang setiap kapalnya dan ditambah lagi dengan 2 pengemudi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.